Arkeologi Musik (Part 2)

Musik adalah alat komunikasi pertama di dunia. Musik menjadi bagian penting yang membidani bagaimana manusia saling berbicara dan akhirnya dapat menciptakan apa yang disebut sebagai “bahasa”.


Ini luar biasa, bahwa musik merupakan bahasa paling universal di dunia. Selain gambar dan seni-seni yang lain tentunya. Selama melewati ratusan ribu tahun, manusia mengembangkan musik sebagai alat untuk mengabadikan spesies. Potensi peran musik dalam perkembangan budaya awal kehidupan manusia ini terus dilakukan, dan ditemukana bagaimana musik menjadi salah satu akar alat komunikasi yang pertama di dunia.

Hal inilah yang menyebabkan munculnya argumen bahwa musik adalah alat komunikasi antar generasi. Ketika belum ada alat tulis, teknologi adalah jaman batu, maka alat komunikasi mereka selain patung dan gambar adalah musik yang diwariskan secara turun temurun sepanjang ratusan bahkan ribuan generasi Musik, sebagai transmisi budaya pada masa lampau mampu menyebar dari daratan Eropa, Afrika hingga masuk ke Asia.

Kita langsung meloncat pada masa Sumeria di Mesopotamia sekitar tahun 4000 – 3500 SM. Kebudayaan tertua dari tepi sungai Tigris dan Eufrat ini sudah mengenal musik. Bisa dilihat dari peninggalan-peninggalan alat musik mereka seperti Idiofon, aerofon, kordofon dan membranofon. Artinya, bangsa Sumeria telah mengenal alat musik secara lengkap dan memainkan instrumen-instrumen tersebut dengan komposisi musik tertentu.

Masa sesudah Sumeria, adalah Mesir Kuno. Bangsa mesir menciptkan himne-himne liturgy keagamaan. Selain sebagai sarana keagamaan, ternyata masyarakat Mesir sangat gemar terhadap musik dan menjadikannnya hiburan. Bahkan, pada masa Mesir ini, musik sudah “dijual” sehingga bagi masyarakat yang ingin menikmatinya, harus membayar sejumlah uang.

Mesir kuno, memiliki tempat-tempat untuk menampilkan sajian musik dan tarian serta sebagai pusat-pusat hiburan. Dengan kata lain, Mesir Kuno sudah mempunyai apa yang disebut oleh orang masa kini sebagai Kafe, Bar dan Pub. Instrumen populer Mesir Kuno adalah Terompet, Seruling dan Harpa.

Semakin mendekat pada masa yang lebih muda lagi, yaitu masa Yunani . Pada masa Yunani, perkembangan musik mengalami masa perubahan yang signifikan dimana musik mengalami evolusi estetik. Hal ini disebabkan karena kebudayaan Yunani Kuno yang memuja banyak dewa dan semuanya adalah dewa-dewa pemuja seni. Yunani memang terkenal dengan tingginya estetika mereka terhadap seni dan termasuk sebagai bangsa dengan seni budaya yang tertinggi didunia.

Tatanan fundamental masyarakat Yunani Kuno terbentuk dari karakter dewa-dewa mereka yang akhirnya mempengaruhi tatanan budaya. Pada masa Yunani Kuno, mulai muncul Penalaan Nada, menciptakn modus dan ritme-ritme. Yunani adalah peletak dasar apa yang disebut sebagai MUSIK DIATONIK (Musik 7 Nada).

Pada saat yang bersamaan, di Asia muncul kebudayaan India di Sungai Gangga dan Indus serta kebudayaan sungai Huang Ho di Cina. Kedua kebudayaan ini memiliki kaitan yang cukup erat dikarenankan letak geografis yang tidak terlalu jauh, sehingga musik yang dihasilkan pun kurang lebih sama. Di kedua budaya ini, muncul apa yang disebut sebagai MUSIK PENTATONIK (Musik 5 Nada).

Baik Sumeria, Mesir Kuno, Yunani Kuno, India dan Cina kuno ini merupakan kilas balik bangsa-bangsa yang mengembangkan musik pada masa kini. Semua kebudayaan itu dimulai dari 4000 tahun Sebelum Masehi (SM) hingga 1000 tahun Sebelum Masehi.[Adw]

Share this:

Related Post

EDM: Dari Underground ke Mainstream Walaupun kamu anak metal, rock atau pop, pasti tahulah lagu “Party Rock Anthem”, bahkan mungkin kamu suka juga. Tidak perlu malu, tidak perlu gengsi a...
Belajar Teori Musik: Perlukah? (Part 1) Dewasa ini, banyak bermunculan grup-grup musik dengan berbagai aliran atau genre. Tapi mungkin hanya sedikit yang dalam menciptakan sebuah lagu dengan...
Arkeologi Musik (Part 1) Musik, ternyata sejak jama purba sudah memiliki fungsi estetis. Bahkan pada jaman purba, musik membuat perbedaan antara manusia dengan neanderthals (s...
Flamenco: Sebuah karya masterpiece Semua pasti tahu Flamenco kan? Yap, Flamenco adalah salah satu musik tradisional Spanyol yang kini menjadi salah satu budaya yang populer bagi masyara...
Electroni Music: Lahir dari prinsip telegram Ajaib memang. Siapa sangka alat komunikasi jarak jauh abad 18 inilah yang melahirkan salah satu jenis musik yang sangat populer saat ini. Dan siapa sa...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *