Belajar mengerti uang sejak dini.

Tidaklah salah jika anak-anak mengerti tentang uang. Bukanlah hal tabu seorang anak mengerti berapa besar penghasilan orang tua. Tentunya dalam batasan tertentu.

Tidak ada kata terlalu dini untuk mengetahui dan belajar dasar-dasar manajemen keuangan. Karena apa yang dipelajari pada saat masih anak-anak, akan terbawa dan teraplikasikan ketika nanti mereka besar. Ketika sejak dini sudah memahami tentang seluk beluk uang seperti darimana uang berasal dan bagaimana menggunakannya, mereka akan menjadi pribadi yang mampu bertanggung jawab dengan uang.

Adapun dasar-dasar manajemen keuangan yang dimaksud adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut.

1. Uang itu dicari
Dengan keadaan ekonomi dewasa ini, memenuhi semua yang diinginkan oleh anak tanpa usaha akan menimbulkan kerugian serius dalam lingkungan kerja yang akan dia geluti nanti. Hal ini bukan berarti bahwa seorang anak bisa mendapatkan suatu barang dengan cara bekerja dahulu, akan tetapi diberikan pemahaman bahwa segala sesuatu harus diperjuangkan atau diusahakan.

2. Ingin VS Butuh
Kebanyakan anak-anak, sama sekali tidak dapat membedakan mana sesuatu yang mereka butuhkan dan mana yang tidak. Memberikan pengertian tentang prioritas sangat penting. Misalnya, jika seorang anak menginginkan mainan, sementara keuangan anda tidak memungkinkan, maka jelaskan kepada anak bahwa kebutuhan utama seperti makan adalah yang harus dipenuhi.

3. Kekuatan kesabaran

Ini sangat penting. Bagaimana menumbuhkan pemikiran dimana mereka (anak) dapat berpikir bahwa jika mereka menginginkan sesuatu, mereka dapat mengusahakannya sendiri dengan menabung misalnya. Disini, dibutuhkan pengertian akan kesabaran dalam diri anak.

4. Kita tidak dapat memiliki semuanya

Satu hal penting yang harus dipelajari oleh anak adalah bahwa tidak semua dapat dimiliki. Hal ini akan mendidik anak menjadi lebih berani dan menumbuhkan inisiatif. Ketika seorang anak menyadari bahwa tidak semua hal dapat dimiliki, mereka akan terlatih dasar-dasar logikanya. (Adw)

Share this:

Related Post

Mau anak jadi penurut? Orang tua belajar ini dulu. Ada pepatah yang mengatakan, jika ingin membawa orang lain sukses, minimal kita juga suskes supaya orang yang kita inginkan sukses itu ada contohnya. ...
Membangun DNA entrepreneurship sejak dini. Semua berawal dari satu pertanyaan. Apa yang anda harapkan dari anak anda ketika mereka besar? Banyak orang tua berharap anak mereka menjadi dokter, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *