How To Start (2):Defining your goal

Tahap awal dalam menjalankan suatu bisnis, kita harus memiliki target. Apa yang ingin dicapai? dan berapa lama untuk mencapainya. Ada parameter yang kita harus tahu untuk membuat kita lebih teroganisir dalam melewati tahap-tahap pencapaian target tersebut.

Target harus merupakan suatu pernyataan yang jelas. Target juga harus dapat diukur. Kita dapat membuat target dengan berdasarkan tehnik SMART [ Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).

SPECIFIC. Spesifik disini adalah inti dari kenapa Anda melakukan suatu bisnis. Apa yang ingin Anda capai?

Definisikan keinginan Anda secara jelas. Misalnya, “Saya ingin dalam 2 tahun kedepan, penghasilan saya sudah 20 juta perbulan!”. Anda HARUS menghindari terget-target yang kurang jelas seperti ” Saya ingin dalam 2 tahun kedepan , Saya memiliki bisnis yang besar!” atau ” Saya ingin dalam 2 tahun kedepan , Saya harus sukses!”.

Jika target Anda jelas, Anda akan tahu apakah Anda gagal atau berhasil. Target anda haruslah fixed dan absolut. Target bisa Anda rubah/tingkatkan secara bertahap.

MEASURABLE. Measurable berarti target Anda dapat diukur. Anda dapat memonitor proses Anda mencapai target Anda. Apakah ada kemajuan atau tidak? Jika Anda ingin memiliki penghasilan 20 juta perbulan, apakah selama proses pencapaiannya, Anda melihat suatu kemajuan? Misalnya dari 6 bulan pertama, Anda mampu mencapai penghasilan 5 juta perbulan dan begitu seterusnya hingga Anda benar-benar dapat mencapai 20 juta perbulan.

Hal ini sangat menentukan ritme kerja Anda nantinya. Ketika Anda tidak melihat progress yang baik dalam prosesnya, Anda akan tahu. Anda akan segera mencari solusinya. Mengukur kemajuan akan membantu Anda untuk tetap berada dalam jalur yang benar, menepati tenggat waktu, dan merasakan semangat dan euforia ketika memperoleh hasil yang menggembirakan di setiap pencapaian yang membawa Anda lebih dekat kepada tujuan.

ACHIEVABLE. Target Anda harus masuk akal dan realistis. Anda tidak boleh membuat target yang terlalu mudah, tetapi juga jangan terlalu sulit. Ketika menentukan tingkat masuk akal atau tidaknya suatu target, Anda harus melihat kembali kepada kemampuan Anda.

Misalnya. Jika Anda memiliki modal besar, Anda dapat membuat target yang besar juga. Tetapi jika modal Anda kecil, Anda juga harus membuat target yang melebih kapasitas kemampuan Anda. Bisnis MLM tidak memerlukan modal besar, tetapi Anda tetap harus memiliki modal untuk menjalankan bisnis ini secara konsisten.

RELEVANT. Untuk mencapai target, dalam prosesnya Anda akan membutuhkan pihak lain. Apakah itu upline Anda atau downline Anda. Oleh karena itu, menentukan target yang relevan sangatlah penting. Apakah relevan dengan pihak-pihak yang akan membantu Anda?.

Sebagai contoh. Anda memiliki target untuk mencapai peringkat Diamond Leader dalam waktu 1 (satu) tahun. Untuk mencapai peringkat tersebut, Anda membutuhkan bantuan donwline-downline Anda. Anda harus mendiskusikan dengan mereka, relevankah waktu yang Anda targetkan?

TIME-BOUND. Sangat penting untuk menetapkan kerangka waktu dalam membuat suatu target. Hal ini akan mengurangi hal-hal yang tidak perlu seperti urgensi terhadap hal-hal yang kurang penting. Menetapkan kerangka waktu juga akan membantu Anda dalam mencapai target Anda.

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang penting dalam menetapakan kerangka waktu.

– Kapan?
– Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) hari ini?
– Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 6 minggu dari sekarang?
– Apa yang bisa saya lakukan (selesaikan) dalam 6 bulan dari sekarang?

Menentukan target dengan tehnik SMART akan sangat membantu Anda untuk mencapai keberhasilan Anda dalam bisnis Multilevel ini.[Adw]

Share this:

Related Post

How To Start (4): Kalkulasi modal Anda Pada dasarnya, tujuan melakukan suatu kegiatan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan disini berarti suatu nilai dalam bentuk material s...
How To Start (3):Pilah kebutuhan Anda Tahukah Anda, salah satu kunci keberhasilan dalam suatu bisnis adalah mengetahui apa kebutuhan Anda? Anda harus dapat membedakan mana kebutuhan Anda d...
How to Do The Business (1): Tentukan target grup Jika sebelumnya Anda sudah menentukan target pribadi Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat target untuk tim Anda. Tim Anda adalah jaringan dib...
Tips duplikasi dalam bisnis MLM Apa itu efek domino? Hmm...ini bukan tentang kartu walaupun yang kita bahas adalah bagaimana permainan kartu ini. Bagi para penjudi, permainan domino ...
How to Start (6): Buat akun sosial media Kenapa harus memiliki akun jejaring sosial? padahal mungkin saja calon konsumen Anda tidak memilikinya? Seberapa besar  efektifitasnya terhadap bisnis...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *