Hidup juga perlu dianalisis

Hidup perlu dianalisis? Perlu! Kenapa? Karena setelah Anda menganalisanya, pada saat itulah Anda melihat baik/buruk dan mana yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Kita sering mendengar jargon tahun baru, semua akan baru. Janji memperbaiki diri akan lebih baik daripada tahun sebelumnya. Pada kenyataannya? Tahun demi tahun berlalu dan Anda tidak mengalami perubahan apapun. Sikap Anda sama dengan tahun sebelumnya, cara bekerja Anda juga sama dengan tahun sebelumnya. Tidak ada perubahan yang membedakan Anda terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Artinya? Ya Anda gagal memenuhi janji Anda sendiri kepada diri Anda. Tetapi karena janji tinggal janji, Anda sama sekali tidak membuat komitmen dengan diri Anda.

Ada faktor kegagalan dalam Anda memperbaiki diri sendiri, salah satunya adalah karena Anda tidak pernah Ma-review diri Anda sendiri. Me-review bagaimana? Me-review di sini adalah Anda menilai diri Anda dengan menggunakan parameter-parameter yang riil, dan nyata.

Selama ini, Anda hanya mengatakan bahwa Anda akan memperbaiki sikap Anda tetapi tidak ada parameternya apalagi target? Anda harus menggunakan parameter riil dalam melakukan perubahan, jika tidak, maka semua itu hanyalah isapan jempol belaka.

Apa parameter riilnya?

Kita akan menggunakan analisa S.W.O.T untuk mengukur dan mengevaluasi diri Anda dan menentukan apa yang harus dirubah. Apa itu S.W.O.T? Adalah Strengths, Weaknesess, Opportunities, Threats. Mari kita bahas satu-satu.

Strengths. Adalah menganalisa apa kekuatan Anda. Anda harus tahu apa yang menjadi kekuatan Anda. Hal Ini sangat penting. Dengan mengetahui kekuatan Anda, Anda akan tahu sampai mana batas kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu atau mengusahakan sesuatu.

Weaknesess. Adalah menganalisa apa yang Menjadi kekurangan Anda. Ini juga wajib bagi Anda untuk mengetahuinya. Dengan Anda mengetahui kelemahan Anda, Anda akan dapat memperkirakan apa yang harus Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Opportunities. Adalah menganalisa kesempatan Anda. Kesempatan bagaimana? Anda harus mengetahui seberapa besar peluang Anda dalam membuat perubahan. Anda di sini memperkirakan situasi Anda dan sekitar Anda.

Threats. Adalah menganalisa hambatan apa yang mungkin Anda hadapi ketika melakukan perubahan. Setiap perubahan akan menghadapi hambatan, dan Anda harus mampu mengukur hambatan tersebut.

Jika Anda memadukan analisis S.W.O.T ini dalam sebuah konsep, maka Anda akan dengan mudah melakukan perubahan walau sekecil apapun perubahan itu. Dengan kekuatan Anda, Anda akan memperbaiki kelemahan Anda, Anda akan tahu kapan dan bagaimana peluang Anda dalam melakukan perubahan serta Anda juga akan siap menghadapi hambatannya.

Inilah yang disebut kontemplasi logis. Banyak cara melakukan kontemplasi, seperti menyendiri ditempat sepi, memikirkan hidup Anda, tetapi Saya yakin tidak akan efektif. Bagaimanapun juga, Anda harus memiliki parameter riil dalam melakukan perubahan.[Adw]

Share this:

Related Post

Ravel Djunardy: Belajar dari A-Z Ravel djunardy, nama ini tentu tidak asing lagi bagi komunitas metal dan underground. Dikenal sebagai promotor pengusung band-band cadas manca negara,...
Beda menjual dan memasarkan Mungkin bagi sebagian orang, menjual dan memasarkan adalah hal yang sama. Tetapi, sebetulnya itu adalah dua hal yang berbeda. Adalah hal yang sangat p...
Entrepreneur: Alternatif meningkatkan taraf hidup Entrepreneurship mewujudkan seseorang untuk berpikir, bertindak, mengidentifikasi peluang, dan mendekati masalah yang memungkinkan orang tersebut mamp...
Memperluas makna Entrepreneurship Kita sering mendengar kata Entrepreneur, dan seketika itu juga terlintas kata pengusaha atau wirausaha atau self-employee. Banyak artikel yang membaha...
Perfect Team Work Salah satu kunci sukses ketika menjalankan suatu bisnis adalah solid network yang hanya dapat dicapai dengan solid teamwork. Untuk mencapai solid team...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *