Keith Richard koleksi 3000 gitar

Salah satu pentolan super grup musik “the rolling stones” berkebangsaan inggris ini mengoleksi lebih dari 3000 gitar dari berbagai model dan brand.


Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh majalah GUITAR WORLD, wartawan menanyakan gitar model dan jenis apa yang dia pakai, dengan santai Richard menjawab. “Apapun model dan tipenya, beri saya waktu lima menit untuk membuat suaranya sama”.

Sebuah kelakar yang menginspirasikan bahwa kualitas tidak bergantung pada alat, tetapi pada pemakainya. Namun Richard sangat apresiatif dengan semua produsen gitar. Beberapa gitar yang menjadi pasangan Richard sejak dia mulai berkarir di The Rolling Stone adalah:

HARMONY METEOR,  sebuah gitar vintage produksi tahun 1958 – 1966. Richard menggunakan gitar ini pada awal dia di The Rolling Stones.

GIBSON LES PAUL Standard, gitar yang dimiliki oleh Richard adalah gitar Gibson Les Paul pertama yang ada di Inggris (1959) dan menjadi playmate dia hingga tahun 1966. Selama waktu itu, Richard juga menggunakan gitar EPIPHONE CASINO.

LES PAUL CUSTOM menjadi pasangan Richard dari tahun 1966 – 1971 sampai akhirnya dia mengganti gitarnya menjadi FENDER TELECASTER CUSTOM (MICAWBER) hingga sekarang.

GITAR RICHARD SIGNATURE
Salah satu gitar signature dari Keith Richard adalah FENDER TELECASTER produksi 1953 dengan GIBSON PAF HUMBUCKING PICK-UP. Gitar Fender custom ini disebut sebagai MICAWBER. Richard sendiri tidak mempunyai alas an kenapa nama gitarnya adalah MICAWBER, hanya saja, nama MICAWBER adalah salah satu tokoh fiksi kesukaan dia dari sebuah novel produksi 1950 berjudul DAVID COPPERFIELD.

tele_phi_03Kedua adalah FENDER TELECASTER “MALCOLM” dan “NUMBER 2”, gitar produksi 1954 ini juga hanya terdiri dari 5 string dengan open tune-G. Selain itu sebuah signature lain dari Richard tanpa nama yaitu sebuah FENDER TELECASTER produksi tahun 1967 tanpa cover dan memperlihatkan rangka gitarnya.

Signature lain dari FENDER TELECASTER Richard adalah THE PIRATE ZEMAITIS, gitar ini produksi 1974.

AMP and EFFECTS
Richard sangat ,memperhatikan kombinasi antara gitar dengan ampli yang dipakai. Richard selalu mengatakan, “Ampli yang tepat dengan gitar yang tepat untuk mendapatkan karakter suara yang dia inginkan”. Richard banyak menggunakan ampli dan effect tetapi hanya beberapa yang dia notice sebagai yang paling cocok untuk karakter suara yang dia inginkan.

MESA BOOGIE MARK 1 A804 100 watt 1 x 12” COMBO, FENDER TWIN,  FENDER DUAL-SHOWN, AMPEG V-4 dan V-2 HEADS dan VT-22 dan VT-40 COMBO adalah ampli-ampli yang menjadi playmate untuk fender telecaster-nya.

GIBSON MAESTRO FUZZBOX, WAH-WAH PEDAL, PHASER dan LESLIE SEAKER adalah effect gitar yang digunakan oleh Keith Richrad untuk membantu mendapatkan suara yang dia inginkan.

Tentu saja yang disebutkan diatas hanya gitar-gitar favorit  dari Richard, dan koleksinya adalah semua jenis gitar yang ada di dunia.[Adw]

Share this:

Related Post

Terrance Hobbs – Living Legend of Death Metal Gitaris suffocation kelahiran april 1970 ini dikenal mempunyai banyak teknik dalam seni gitar death metal. Hobbs adalah peletak dasar teknik death met...
Ritchie Blackmore: Gak mikirin komposisi lagu Ada yang belum kenal ritchie blackmore? Too bad. Gitaris ini mulai dikenal kejeniusannya ketika bergabung dengan deep purple. Deep purple adalah salah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *