Peningkatan produktifitas dengan komunikasi efisien.

Setiap industri memiliki masalah yang sama, yaitu persoalan produktifitas yang sering terhambat oleh berbagai persoalan. Dari mulai kordinasi lapangan yang tidak baik, hingga sistem laporan yang tidak terintegrasi.

Persoalan-persoalan tersebut bisa diminimalisasi jika industri-industri itu mengadopsi sitem komunikasi berbasis web atau PC System. Dengan sistem ter sentralisasi atau yang disebut Communications Web Management, akan mempermudah pelacakan masalah, pengorganisasian kru, komunikasi yang terekam dengan baik,  pengiriman pesan secara serentak, membuat level komunikasi untuk mempermudah komunikasi dengan user-user dengan level khusus.

Disini, pengadopsian teknologi web base communication system menjadi hal penting yang seharusnya menjadi perhatian. Jika dalam sebuah lingkungan industri terdapat 20 ribu pekerja dimana 2000 pekerja diantaranya adalah sebagai pemimpin tim, maka akan ada 2000 user yang harus berkomunikasi dan dikontrol oleh pusat komando.

Akan terjadi carut marut dan mungkin loss update informasi seandainya tidak diatur secara detail dan alangkah buang waktu jika semua aktifitas itu harus menunggu laporan manual dari masing-masing pemimpin tim. Tentunya hal itu akan membuang biaya dan waktu. Disini boleh dikatakan, efektifitas dan pemaksimalan waktu menjadi tidak ada.

Central web-base ini tentu membutuhkan koneksi internet, akan tetapi dengan ketersediaan jaringan (3G,4G) yang sudah worldwide dengan kecepatan uplink dan downlink yang tinggi akan mempelancar transfer data. Membangun basis-basis WiFi di dalam area industri akan mempermudah setiap koneksi.

Sistem-sistem yang menyupport hal diatas kurang lebih sama dengan sistem PC pada artikel sebelumnya. Tentunya harus membeli lisensi aplikasi. Akan mempermudah dalam mengorganisasikan data jika semua informasi sudah dalam bentuk digital dimana kita tinggal membuat rekap digital untuk dievaluasi. (ADW)

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *