Perfect Team Work

Salah satu kunci sukses ketika menjalankan suatu bisnis adalah solid network yang hanya dapat dicapai dengan solid teamwork. Untuk mencapai solid teamwork membutuhkan suatu pengorbanan yang cukup besar, yaitu dengan mengesampingkan ego dan semua yang serba “AKU”.

Tidak ada kata “AKU” dalam membangun suatu tim yang solid. Tidak ada kepentingan yang ditujukan hanya untuk “AKU” dalam menciptakan suatu tujuan bersama. Seperti lebah dan bunga, maka kepentingan yang diutamakan adalah kepentingan bersama. Simbiosis Mutualisme. Semua kepentingan akan terakomodasi. Tidak ada yang merasa dirugikan atau mendapat keuntungan yang lebih daripada rekan kerjanya.

Bahkan jika Anda membuat bisnis Anda sendiri, Andalah bos-nya, Anda yang memberikan pekerjaan kepada orang lain, maka bawahan Anda adalah tim Anda. Bawahan Anda akan bekerja keras ketika mereka dianggap sebagai individu yang memiliki peran. Jadi tidak ada istilah, “Daku mah apa tuh”.

Perfect Teamwork bukan hanya bahwa setiap anggota tim melakukan pekerjaan sesuai tugas dan tanggung jawab dengan baik, tetapi juga bagaimana sesama anggota tima saling menginspirasi.

Dalam sebuah tim, tidak ada individu yang sempurna, yang ada adalah kolaborasi yang sempurna. Dalam sebuah tim kita tidak bicara siapa kita, tetapi apa yang akan dan sudah kita lakukan untuk tim.

Sebuah tim adalah sebuah komunitas dimana kita akan belajar dan menjadi orang yang lebih baik. Dimana satu sama lain terdapat suatu ikatan keluarga. Bukan hanya persoalan tanggung jawab, melainkan lebih pada persoalan moralitas.

Jika Anda merupakan pemimpin dari grup bisnis Anda, ada beberapa saran yang dapat dilakukan dalam membangun tim yang solid.

  1. Nilai sebuah Tim.
    Tanyakan kepada tim Anda, apa yang membuat tim ini lebih baik daripada dengan bekerja sendiri. Hal ini untuk menumbuhkan suatu kepercayaan bahwa bekerja dalam sebuah tim akan jauh lebih baik dibanding hanya bekerja sendiri. Bekerja dalam sebuah tim memiliki banyak kelebihan dibanding bekerja sendiri.

Tanyakan kepada tim Anda kenapa bekerja sama dalam sebuah tim itu adalah suatu hal yang penting. Hal ini akan meyakinkan Anda dalam membangun suatu tim yang solid, karena pemahaman anggota tim akan sangat penting terhadap kemajuan tim itu sendiri.

  1. Bebas untuk memberikan ide.
    Salah satu cara membentuk tim yang solid adalah dengan membebaskan anggota tim Anda untuk memberikan ide. Hal tersebut akan membuat tim Anda kreatif dan terus menjadi produktif. Membangun bisnis sendiri membutuhkan orang-orang dengan inisiatif tinggi. Anda membutuhkan banyak kreator, bukan eksekutor.

Ini adalah prinsip dasar berwiraswasta. Anda tidak akan pernah berhasil menduplikasi sesuatu jika tim Anda hanya memiliki mental pengikut. Seorang entrepreneur adalah seorang yang kreatif, inisiatif dan kaya akan ide. [Adw]

Share this:

Related Post

Entrepreneur: Alternatif meningkatkan taraf hidup Entrepreneurship mewujudkan seseorang untuk berpikir, bertindak, mengidentifikasi peluang, dan mendekati masalah yang memungkinkan orang tersebut mamp...
Kerja keras atau kerja cerdas? Pada umumnya, jika mau sukses, orang harus bekerja keras. Itu moto seorang pengusaha. Tetapi kini, ada istilah baru dalam kita untuk bekerja, yaitu ke...
Buruh dan karyawan. Samakah? Setiap tahun, kita selalu memperingati hari buruh dan ada demo buruh. Uniknya, tidak ada hari karyawan dan tidak ada demo karyawan yang menuntut kenai...
Pencapaian Jokowi, menjadikan Indonesia sebagai ne... Sebuah negara, dapat disebut sebagai negara dengan masyarakat yang sejahtera adalah jika negara tersebut memenuhi syarat minimal 2% dari populasinya a...
Beda menjual dan memasarkan Mungkin bagi sebagian orang, menjual dan memasarkan adalah hal yang sama. Tetapi, sebetulnya itu adalah dua hal yang berbeda. Adalah hal yang sangat p...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *